Posted by : Unknown 29 Desember 2013

BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Sistem informasi merupakan bagian yang penting dalam suatu perusahaan. Perusahaan Dagang merupakan salah satu contoh perusahaan yang membutuhkan sebuah sistem yang dapat mengelola data-data perusahaan seperti data barang, data transaksi penjualan, data stok barang hingga pembuatan laporan penjualan. Dengan adanya sistem informasi, setiap proses transaksi dalam perusahaan dagang dapat terkelola dengan baik. Sistem informasi dalam perusahaan dagang memberikan beberapa peranan yaitu, dalam pengecekkan stok barang dapat lebih cepat dan mudah dan setiap catatan transaksi dapat tersimpan dengan baik di sistem sehingga semua data tersebut dapat memberikan informasi yang bernilai bagi perusahaan. Perusahaan Dagang yang penulis bahas adalah perusahaan dagang yang bergerak dibidang bahan-bahan bangunan. Biasanya perusahaan dagang yang bergerak dibidang bahan-bahan bangunan menemui banyak masalah sebagai berikut.
2
Tidak adanya pembukuan sehingga sulit mengetahui secara pasti berapa hasil penjualan yang didapatkan. Tidak adanya catatan stok barang, sehingga ketika pembeli ingin membeli barang harus mengadakan pengecekan yang memakan waktu lama. Masalah piutang yang tidak tertagih. Hal disebabkan perusahaan tidak memiliki prosedur dalam pembelian dan sistem yang baik.
PD Suka Damai merupakan salah satu perusahaan dagang yang menjual bahan bangunan. Seperti toko bahan bangunan pada umumnya, PD Suka Damai juga menghadapi masalah yang sama . Diantaranya adalah. PD Suka Damai saat ini tidak memiliki pembukuan, sehingga tidak ada laporan penjualan. PD Suka Damai tidak memiliki catatan stok barang. Banyak piutang yang tidak tertagih.
Pengolahan data PD Suka Damai masih manual dan tidak ada prosedur tertentu dalam pembelian barang. Untuk menjawab setiap masalah yang terjadi, maka diperlukan suatu Aplikasi Sistem Informasi yang dapat mengolah data-data perusahaan. Sehingga dari pengolahan data yang terkomputerisasi dapat dihasilkan
3
informasi yang dapat membantu perusahaan dalam melakukan perencanaan strategi dan pengambilan suatu keputusan.
1.2. Batasan Masalah
Masalah yang dibahas dalam penulisan ini meliputi pengolahan data barang, data supplier, data karyawan, transaksi pembelian, transaksi penjualan hingga pada lapora pembelian, laporan penjualan serta pembuatan laporan piutang pada PD Suka Damai.
1.3. Tujuan Penelitian
Penulisan ini bertujuan untuk merancang dan membangun suatu sistem informasi yang dapat digunakan untuk mengolah transaksi penjualan dan pembelian, data barang, data stok barang, laporan penjualan dan pembelian dan laporan piutang pada PD Suka Damai.
Dengan adanya sistem informasi ini semua master data dan data transaksi dapat tersimpan dan terkelola dengan baik sehingga masalah yang sebelumnya terjadi pada PD. Suka Damai bisa teratasi dengan baik.
4
1.4. Metode Penelitian
Dalam penulisan ini penulis menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC).
Pada tahap awal akan dilakukan perencanaan dan analisis kebutuhan sistem yang akan dibuat. Hal pertama dilakukan adalah mengenal dan memahami sistem yang akan dibuat. Setelah itu penulis melakukan tinjauan dan wawancara langsung kepada pihak yang bersangkutan untuk menganalisis masalah dan kebutuhan sistem.
Setelah kebutuhan sistem sudah diketahui, Tahap yang kedua adalah merancang sistem yang akan dibangun. Perancangan umum sistem dibuat dengan menggunakan Unified Modeling Language (UML).
Setelah perancangan sistem sudah dibuat. Tahap yang ketiga adalah implementasi dan pengujian. Bahasa pemrograman yang dipakai untuk membangun sistem adalah Visual Basic.NET 2005 dan Microsoft SQL server 2005 Express Edition.
5
1.5. Sistematika Penulisan
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini membahas mengenai latar belakang, batasan masalah, tujuan penelitian, metode penelitian dan sistematika penulisan.
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Bab ini membahas mengenai teori dasar yang dipakai penulis untuk membuat sistem informasi pada PD Suka Damai diantaranya adalah Konsep Dasar Sistem, Konsep Dasar Informasi, Konsep Dasar Sistem Informasi, Siklus Hidup Pengembangan Sistem, HIPO, Kode, Unified Modeling Language (UML), Sekilas Tentang VB.NET, SQL Server 2005 Express Edition
BAB III PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Bab ini membahas mengenai Tinjauan Umum PD. Suka Damai dan Perancangan Sistem yaitu diantaranya Perancangan Unified Modelling Language (UML), Perancangan Hirarki Program, Perancangan Kode yang Mewakili Data, Perancangan Interface Program dan Perancangan Database.
BAB IV IMPLEMENTASI SISTEM
Bab ini membahas mengenai Implementasi Interface Program, Pengujian Sistem dan Spesifikasi Sistem.
6
BAB IV PENUTUP
Bab ini berisi kesimpulan dari keseluruhan Bab yang telah dibahas dan saran-saran yang diajukan.

Sumber : Repository Gunadarma

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Leo Daisuke's Blog - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -