Posted by : Unknown 9 Mei 2015

Kementerian Keuangan Republik Indonesia atau biasa disingkat dengan Kemenku RI merupakan kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang menyelenggarakan urusan di bidang Keungan khususnya bagian Perpajakan dan Anggaran berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Kemenku RI dipimpin oleh seorang Menteri Keuangan yang sejak tanggal 27 Oktober 2014 dijabat oleh Bambang Brodjonegoro.
Kementerian Keuangan Republik Indonesia ini memiliki beberapa akun sosial media yang dikelola dengan baik. Salah satu di antaranya yang paling aktif adalah akun twitter dengan username @KemenkeuRI. Yang di kelola oleh Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementrian Keuangan Republik Indonesia. Setelah ini akan dianalisa dan dibahas lebih dalam mengenai akun tersebut.
Analisa akun twitter @KemenkeuRI:
1.Konten Tweet
Jika diamati konten/isi dari tweet @KemenkeuRI, dapat dilihat bahwa konten cukup baik karena berisi informasi penting untuk masyarakat yang berhubungan dengan perpajakan, kegiatan kementrian keuangan, dan berita mengenai perekonomian umumnya. Selain itu juga terdapat konten yang berisi balasan mention yang masuk dari masyarakat ke akun twitter @KemenkeuRI
twitKemn
Gambar 1. Konten Informasi
2. Keaktifan
Jika diamati dari keaktifan akun @KemenkeuRI mengupdate tweet, maka akun ini dinilai merupakan akun yang aktif. Bisa dikatakan seperti itu karena dalam seharinya paling tidak ada lebih dari 10 tweet yang telah terupdate yang berisi baik hanya sekedar informasi penting untuk masyarakat maupun balasan mention dari admin kepada masyarakat.
3. Tanggapan Kasus
Dalam menanggapi kasus, akun @KemenkeuRI tidak secara langsung menanggapinya di twitter melalui kicauannya. Namun, akun @KemenkeuRI membantu menyebarkan informasi mengenai tanggapan kasus yang sumbernya langsung dari website @KemenkeuRI dan disebar melalui link seperti http://www.kemenkeu.go.id/Berita/pemerintah-canangkan-tahun-pembinaan-wajib-pajak-2015
ca
Gambar 2. Tanggapan Kasus
4. Respon Keluhan/Mention dari Masyarakat
Dalam menanggapi respon keluhan atau mention dari masyarakat, akun @KemenkeuRI merupakan akun yang Kurang responsif. Dapat dikatakan seperti itu karena dalam menjawab pertanyaan yang masuk hampir semua pertanyaan tidak dijawab dengan baik dan cepat atau bahkan out of connten.
hjg'
Gambar 3. Repson Mention Masyarakat
5. Struktur Penulisan dalam Tweet
Untuk poin struktur penulisan dalam tweet @Kemdikbud_RI, bisa dikatakan strukturnya cukup rapih dan menggunakan yang di sebut dalam twett, kulaih twett dengan memberikan point-point dalam setiap tweet dan kadang dala twett tertentu @KemenkeuRI menggunakan hastag (#) dalam setiap topic tertentu yang di kicaukan akun @Kemdikbud_RI.
has
Gambar 4. Tweet yang Menggunakan Fungsi hastag (#)
kul
Gambar 5. Kuliah Tweet akun@Kemdikbud_RI
  • Kesimpulan :
Dalam setiap poin analisa yang telah dijabarkan menurut opini pribadi penulis, sudah terbilang baik. Hanya saja untuk poin dalam membalas tweet kadang kurang tanggap dan para follower akun  @KemenkeuRI  memberika twwtt yang kurang pas dengan pok yang baru saja di tweet akun  @KemenkeuRI, terakhir mengenai struktur penulisan tweet perlu adanya perbaikan dari sisi admin. Hal tersebut cukup penting karena sebagai akun pemerintahan sebaiknya menggunakan struktur penulisan yang juga baik agar dapat enak untuk dilihat. Selebihnya sudah baik dan tinggal bagaimana pengembangan selanjutnya agar bisa lebih baik lagi.

Sumber : Click

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Leo Daisuke's Blog - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -