Posted by : Unknown 1 Desember 2012

 Ada 5 jenis konflik yaitu : 

Konflik Intrapersonal (Seseorang dengan dirinya sendiri).
Konflik Interpersonal (Antar Individu).
Konflik antar individu-individu dan kelompok-kelompok. 
Konflik Interorganisasi 

Penyelesaian Konflik :

1. Menghindar :  Menghindari konflik dapat dilakukan jika isu atau masalah yang memicu konflik tidak terlalu penting atau jika potensi konfrontasisnya tidak seimbang dengan akibat yang akan ditimbulkannya. 

2. Mengakomodasi :  Memberi kesempatan pada orang lain untuk mengatur strategi pemecahan masalah, khususnya apabila isu tersebut penting bagi orang lain. Hal ini memungkinkan timbulnya kerjasama dengan memberi kesempatan pada mereka untuk membuat keputusan. 

3. Kompetisi :  Metode ini digunakan ketika tidak ingin suatu nilai-nilai yang ada dalam diri ataupun kelompok dikompromikan. 

4. Negosiasi :  Masing-masing memberikan dan menawarkan sesuatu pada waktu yang bersamaan, saling memberi dan menerima, serta meminimalkan kekurangan semua pihak yang dapat menguntungkan semua pihak. 

5. Memcahkan Masalah :  Pemecahan sama-sama menang dimana individu yang terlibat mempunyai tujuan kerja yang sama. Perlu adanya satu komitmen dari semua pihak yang terlibat untuk saling mendukung dan saling memperhatikan satu sama lainnya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Leo Daisuke's Blog - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -